Tuesday, April 28, 2015

#BeraniLebih Untuk Menjadi Entrepreneur



Waktu gue lulus kuliah, gue bertekad untuk kerja dibidang yang sesuai dengan passion gue. Mulai dari pingin kerja di majalah fashion sampai kerja dengan designer. Mempunyai clothing line sendiri juga salah satu impian gue. Waktu gue kuliah, gue punya bisnis online yaitu baju yang gue lukis sendiri. Tadinya gue membuka usaha itu karena gue suka nonton konser dan pas gue pakai baju buatan gue sendiri ternyata banyak yang tertarik untuk punya baju tersebut. Awalnya mama sempat ragu, “Siapa yang mau beli baju gambaran kamu sendiri?”. Denger kata-kata itu gue jadi pingin buktiin kalau bisnis gue ini pasti menghasilkan uang. Ternyata hasilnya lumayan untuk uang saku gue.


Ketika gue lulus kuliah, gue kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion gue. Gue pun memutuskan untuk menjadikan bisnis baju gue ini sebagai penghasilan utama. Dikala temen-temen gue udah banyak yang kerja kantoran dengan penghasilan tetap setiap bulannya, gue masih berusaha untuk membesarkan bisnis baju gue ini. Takut itu udah pasti. Brand gue bisa dibilang masih kecil, pendapatan perbulan juga belum stabil. Kadang penjualan tinggi, kadang menurun. Padahal tagihan internet,pulsa hp,tv kabel tetap harus dibayar setiap bulannya. Tapi gue harus #BeraniLebih percaya kalau selama kita punya passion disuatu bidang dan kita mendedikasikan waktu kita dengan serius, pasti  kita bakal mencapai kesuksesan. Kalau penjualan lagi turun, berarti tandanya kita harus lebih kreatif lagi.


Memang semua nggak instant. Nggak jarang gue denger orang bilang “kalau lo nggak kerja kantoran itu namanya bukan kerja” atau “udah disekolahin tinggi-tinggi tapi malah hanya buka online shop aja”. Sakit sih denger gitu, tapi kalau kalian terus pusing mikirin apa pendapat orang, terus  nasib impian kalian gimana? Pertanyaannya bukan ‘Orang bakal mikir apa ya?’ tapi pertanyaan yang harus kalian pikirkan adalah ‘apa yang bisa bikin gue bahagia dalam bekerja?’ dan ‘Bagaimana cara untuk mendapatkannya?’. Ketika gue berpikir seperti itu, gue #BeraniLebih semangat untuk buktiin kalau jadi entrepreneur itu bisa menyusul kesuksesan orang-orang kantoran.


Perjalanannya pasti panjang, tapi disitu serunya. Sebagai entrepreneur, kita bekerja sesuai dengan passion kita, untuk brand kita sendiri, dan disitu kita bisa ngerasain perjalanan yang luar biasa. Ketika kamu mau menyerah, ingat aja kenapa dulu kamu memulainya. Terkadang kita suka mendengar teman yang berkata “Enak ya jadi lo, kerjanya nyantai.” Gue hanya bisa ketawa sih. Karena entrepreneur itu nggak punya jam kerja, kita harus bisa disiplin dengan waktu kita sendiri dan jujur aja jam kerja gue itu melebihi jam kantoran. Gue jam 1 pagi kadang masih aja sibuk bikin baju, karena gue kerja sendiri. Tapi karena ini passion gue, gue pun seneng aja menjalaninya. Gue pun mendapatkan kepuasan tersendiri ketika gue menyadari kalau pendapatan gue sekarang lebih besar daripada perusahaan yang pernah gue datangi untuk interview kerja.

Menjadi entrepreneur memang beresiko, tapi lebih baik beresiko daripada menyesal dikemudian hari. Kalau kalian gagal bukan berarti itu akhir dari perjalanan kalian. Kegagalan itu adalah pelajaran yang bisa bikin kalian lebih baik lagi kedepannya. Karena pada akhirnya, hanya kalian yang bisa memutuskan untuk bisa bahagia. Dan untuk mencapai titik tersebut, kalian harus #BeraniLebih untuk percaya dengan kemampuan kalian untuk mewujudkan impian.



 

No comments:

Post a Comment